SERINGAI : TARING (2012)

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Seringai – Taring (2012)

“Dimana korelasi antara bencana dan akhlak manusia?” Seringai – Tragedi

Petikan lirik Single terbaru Seringai yang sempat menghebohkan karna butuh hingga 5x untuk mengunduh single ini secara gratis ketika dirilis beberapa bulan lalu melalui website mereka, menjadi sebuah gimmick tersendiri bagi saya. Sebut saja saya, seorang pendengar pemula sebuah band rock berkadar oktan tinggi ini.

Ya, itulah Seringai nan masih gelisah dan muak dengan fenomena sosial yang ada di negara kita. Album Taring sendiri dirilis 11 Juli yang lalu dan menyisakan pemandangan tersendiri, ketika para Serigala Militia dipaksa bangun pagi dan berbondong-bondong datang mengunjungi Lawless JKT dan @omuniuum BDG, dua toko kekinian yang mengedarkan album ini secaraexclusive dalam format deluxe edition, hanya 999 buah saja. Dan dari pantauan linimasa @seringai pada tanggal 12 Juli 2012, pukul 5 sore, edisi deluxe edition ini telah habis terjual. Salute!

Selain “Tragedi”, track bernada kegelisahan di album ini adalah “Dilarang di Bandung”, “Serenada Membekukan Api”, “Lagu Lama”, namun kita tetap bisa bersenang-senang karna ada “Taring” yang bernada motivator, “Fett, Sang Pemburu” yang terinspirasi tokoh dalam film Star Wars, “Discotheque” sebuah cover version dari Duo Kribo nan legendaris, atau sebuah lagu yang secara terang mengajak bersenang-senang, “Program Party Seringai”, dan “Lissoi” lagu daerah Sumatera Utara.

Dari segi musik, album ini sangat disarankan diputar dengan volume maksimum, karna untuk itulah Taring hadir, menghentakkan telinga, dengan performa maksimal dari kuartet ini, ah saya rasa tidak perlu lagi memperkenalkan personil Seringai satu persatu. Departemen lirik yang menjadi tanggung jawab sang vokalis, menjadi kekuatan tersendiri, ini bukanlah bait-bait basa basi atau puitis-apatis, tapi bertaring tajam. Tidak salah memang album ini berjudul Taring itu sendiri.

Untuk menutup tulisan singkat ini, saya hanya mampu membayangkan, semoga dengan rilisnya album ini, akan disusul dengan sebuah rangkaian tur beberapa kota di Indonesia, dan Padang adalah salah satunya. (Noverdy Putra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *