Happy Birthday Mike “GREENDAY”

4 Mei 2014, Michael Ryan Pritchard atau yang lebih dikenal dengan nama Mike Dirnt lahir 42 tahun lalu di Berkeley, Califronia. Terlahir dengan Ibu yang saat itu tunduk di bawah kekuasaan heroin, ‘memaksa’ Mike kecil yang masih berumur 6 minggu diadopsi oleh pasangan Cheryl Nasser dan Patrick Pritchard.

Beranjak 7 tahun, orang tua adopsi Mike berpisah. Peristiwa ini berdampak pada Mike yang tadinya selalu ceria dan tak kenal takut berubah menjadi pemurung dan suka menyendiri. Mulanya Mike tetap tinggal bersama Ayahnya, walaupun pada akhirnya pindah ke Rodeo untuk menetap bersama sang Ibu. Di kota inilah, di kantin sekolah, Mike yang berumur 10 tahun bertemu dengan teman terbaiknya, Billie Joe Armstrong.

Mempunyai ketertarikan terhadap genre musik yang sama membuat Mike dan Billie Joe tidak butuh waktu lama untuk akrab. Billie Joe-lah yang mengajari Mike bermain gitar. Saat menjalani periode menuntut ilmu di Pinole High School, Mike dengan Billie Joe beserta teman sekelas mereka membentuk band yang dberi titel Sweet Children.

Menjalani peran sebagai single parent dan hidup di kota mahal Rodeo, California memaksa sang Ibu mengajak Mike untuk pindah ke kota lain. Tapi Mike menolak karena tidak ingin meninggalkan Sweet Children, pada akhirnya Mike tinggal di rumah Billie Joe setelah menerima persetujuan dan orang tua mereka. Mulai saat itu, musikpun sepenuhnya menjadi dunia Mike.

Segera setelah kelulusan, Mike dengan Sweet Children memulai tur pertamanya. Hari-hari bersama Sweet Children berlanjut dengan cerahnya sampai kemudian awan gelap menghampiri saat sang penggebuk drum, John Kiffmeyer mengundurkan diri. Tak masalah, karena ruang kosong tersebut diisi oleh Frank Edwin Wright III a.k.a Tré Cool. Sweet Children kemudian berevolusi menjadi Green Day, and the rest is history. (Ebiet/PADANGONSTAGE.COM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *