Lima Energi di “Andalas LIMA SO:RE”

Siapa bilang berbeda genre tidak bisa bersekutu di sebuah album kompilasi? Ya, pada 1 Agustus 2015 lalu, Sound Sation membuktikannya. Sebagai salah satu event pelopor kegiatan bermusik band Tanah Air, kali ini Sound Sation meluncurkan sebuah album kompilasi yang materinya berasal dari karya beberapa band indie asal Padang, Sumatera Barat.

“Sebelumnya dari pihak A mild udah melihat temen-temen yang bakal masuk album, dan semua emang di pilih dari genre yang berbeda” kata Taher gitaris GoodBye John, yang juga masuk dalam proyek kompilasi ini.

Total ada lima band ambil bagian dalam kompilasi yang diberi nama “Andalas LIMA SO:RE” ini. Masing-masing band berkontribusi untuk dua lagu.

Adalah pilihan yang pas mendaulat Awarness sebagai band pembuka album Andalas LIMA SO:RE. Pasalnya, unit pop punk dengan ritme musik menghentak itu langsung memberi sinyal positif bahwa album kompilasi ini adalah album bersenang-senang. Dua lagu yang dipilih, “Sebenarnya Bisa” dan “Party”, juga mengandung lirik-lirik optimisme yang membakar semangat.

Di urutan kedua ada nama Goodbye John dengan lagu “Mana Taringmu” dan “Toy”. Dua nomor ini sungguh kental beraroma rock n roll. Vocal tinggi dan melengking bak bersaut-sautan bersama bunyi gitar crunch dengan blues yang menggigit. Benar-benar dibuat beranjak ke rock 70’an.

Dari musik bising mendadak berganti alunan ber-roots Jamaican music dari Guava Jelly, bagian tengah Andalas LIMA SO:RE. Guava Jelly bereksperimen dengan mencampur unsur ambient dan electronic yang tertuang di lagu “Scooter Boy” dan “Tanda Tanya”.

Ada Lalang di nomor berikutnya.
Alunan folk dari band yang dimotori Rangga Ranggon ini dibuat sederhana dan mampesona. Lalang menyuguhkan musik tradisi kontemporer yang dibalut manis dengan sentuhan irama melayu. Tidak hanya itu, harmonisasi antara musik dan lirik dapat disimak dari lagu pertama “Asa” hingga lagu kedua “Dusta, Hati dan Sunyi”.

Band folk bernama Lalang saat tampil dalam Merayakan Folk, tahun 2014 silam.

Band folk bernama Lalang saat tampil dalam Merayakan Folk, tahun 2014 silam. (foto oleh Muhammad Ilham/PADANGONSTAGE.COM)

Dibagian penutup Andalas LIMA SO:RE ada serdadu metal bernama Zeal. Semua bagian dalam dua lagu bertitel “The Sound of Freedom” dan “Revelation” cukup untuk menggetarkan telinga headbangers.

Pesta rilis kompilasi Andalas LIMA SO:RE sendiri digelar di GOR H. Agus Salim pada Sabtu (3/8/2015) sore menghadirkan dua band terkemuka J- rock dan Naif. (Dio Fadnil/PADANGONSTAGE.COM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *