Menyambut Record Store Day: Berburu Rilisan Lokal Padang (2)

Bila ajang Record Store Day (RSD) dijadikan acuan, geliat pendokumentasian karya band-band di skena musik Kota Padang tergolong positif dalam beberapa waktu terakhir. Pada RSD chapter Padang tahun lalu misalnya, momen perayaan ini menjadi pelabuhan sejumlah band untuk “mengekspedisikan” album fisik mereka pada khalayak skena.

Diantara yang tercatat, ada grup hardcore punk bernama Underline dengan album fisik bertajuk “Intens Untuk Memukul”, Drusties dengan “War is Business”-nya, dan Stay On dengan “Start New Life”. Ketiga band itu mengemas ulang karya-karya mereka ke dalam format kaset untuk dirilis dalam momen RSD yang tahun itu jatuh pada tanggal 18-19 April.

Untuk tahun ini, perayaan RSD chapter Padang kembali disiapkan. Tanggal pun telah ditetapkan yakni pada hari Minggu (17/4/2016) di Hardcore Mayhem, kawasan Purus Atas. Band-band dalam skena juga telah bersiap, bertandem dengan record label lokal untuk memberi kesan terbaik dalam perayaan tersebut. Lalu apakah RSD di Padang tahun ini benar-benar layak untuk dirayakan bersama?

Bagi band Big Broadside (BBS), momen perayaan RSD tahun ini adalah semacam klimaks pertama mereka dalam bermusik. Alasannya, kuartet punk rock dengan line up Fatrik (vokal & bass), Rio (gitar), Findo (gitar), dan Putra (drum) itu akan meluncurkan album fisik pertama mereka yang bertajuk “Make Your Smile Back” saat RSD 2016.

“Make Your Smile Back” adalah cerita panjang BBS sejak pertama melangkah pada tahun 2007. Mereka sempat berencana untuk merilis album perdana tersebut pada pertengahan tahun 2015 yang lalu. Namun karena sejumlah pertimbangan, rencana itu membeku hampir satu tahun lamanya dan baru bisa terealisasi pada tahun ini.

“Semua cerita kami tuangkan ke dalam album ini, dengan harapan kita semua bisa tersenyum kembali setelah menjalani proses yang cukup lama untuk menggarap sebuah album perdana, dimulai dari cover yang bercerita tentang Big Broadside dari tahun 2007 sampai dengan 2016,” sebut Fatrik beberapa waktu lalu mengenai album tersebut.

Album Make Your Smile Back (foto oleh Big Broadside)

Album Make Your Smile Back (foto oleh Big Broadside)

Format kaset tape dipilih menjadi fisik album tersebut. Ada 10 track dibenamkan ke dalam gulungan pita kaset ini. Bekerjasama dengan Daydreams Records, sebanyak 50 kaset “Make Your Smile Back” telah diproduksi dan siap dilepas dengan harga Rp35.000 per kaset saat RSD pada hari Minggu (17/4/2016) ini.

“Kaset lebih murah dan tidak gampang rusak. Kaset menurut wak lebih abadi. Untuk jumlah memang masih dalam jumlah sedikit dulu, tapi kemungkinan nanti bisa ditambah (produksi lagi),” ujar Rio saat berbincang dengan Padangonstage.com, Sabtu (16/4/2016).

Tak hanya merilis kaset, Big Broadside juga akan memainkan sejumlah lagu materi album “Make Your Smile Back” di perayaan RSD tahun ini. Mereka akan berbagi panggung dengan Ocean Trenches, Nayanika, dan Trance yang juga turut memeriahkan momen “hari raya” rilisan fisik itu. Mari bergabung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *