International Zine Month : Gurauan yang Jadi Kenyataan

Era sosial media membuat saya sadar, bahwa setiap bulan bahkan setiap harinya ada sesuatu yang dirayakan. Seperti hari ibu (22 Desember) dan hari ayah (12 November) yang begitu umum, hingga Hari Star Wars yang jatuh pada 4 Mei dengan landasan “May the 4th Be With You” (jika Anda penggemar Star Wars pasti mengerti, jika tidak sila mencari di Google). Atau hari  donat sekalipun dirayakan dan menjadi viral di dunia maya. Tak jarang bahkan di Indonesia sendiri yang umumnya tak merayakan hari ayah maupun hari donat, ikut mengucap “Selamat Hari Ayah” dan “Happy World Doughnut Day”.

Bagaimana dengan zine? Sadarkan Anda bahwa rupanya zine memiliki bulan perayaannya sendiri? Sampai beberapa hari lalu saya pun tak sadar, hingga Bandung Zine Fest mengucapkan “July is International Zine Month” di akun Instagramnya. Tentu ini membuat saya girang dan cukup penasaran siapa sebenarnya yang mencetuskan International Zine Month ini, mengingat zine bak gerakan bawah tanah yang pegiatnya hanya beberapa saja dibandingkan industri cetak komersial di dunia.

 

tumblr_nbyna8hrgR1rxhudoo1_500 (1)

Alex Wrekk di Zine Pavilion Las Vegas 2014. (sumber : zinepavilion.tumblr.com)

 

Awal Mula International Zine Month

Adalah zine maker perempuan asal Amerika, Alex Wrekk, yang mencetuskan International Zine Month yang kini dirayakan di seluruh dunia. Alex Wrekk sendiri merupakan penulis buku Stolen Sharpie Revolution : A DIY Zine Resource dan Brainscan Zine. Ia juga mengorganisir Portland Zine Symposium dan menjalankan Portland Button Works & Zine Distro.

International Zine Month bermula dari obrolan Alex Wrekk bersama temannya. “Bukankah akan sangat keren jika International Zine Month benar-benar ada,” ucap Alex dilansir dari situs resmi stolemsharpierevolition.org . Pertanyaan selanjutnya muncul, “Bagaimana cara merealisasikannya?”

Tak butuh waktu lama bagi Alex memutuskan untuk mengajukan ide gilanya ini ke forum We Make Zines dan rupanya orang-orang dalam forum itu begitu tertarik. Sebelumnya telah ada 24 Hours Zine Thing yang jatuh pada bulan Juli dan International Zine Library yang jatuh pada tanggal 21 Juli, maka untuk memudahkan bulan perayaan dan menyatukannya dengan perayaan Zine lainnya, jadilah Alex memilih Juli sebagai International Zine Month.

“Tahun 2011 menjadi tahun pertama International Zine Month dan eksis di internet,” ujar Alex Wrekk dilansir zinenation.org . Banyak zine maker di penjuru dunia yang begitu semangat menyambut bulan ini. Namun populernya International Zine Month sejak tahun pertama ini tak membuat Alex Wrekk kaget melainkah semakin termotivasi.

“Saya tahu banyak orang di luar sana yang membuat zine dan memiliki sesuatu yang dirayakan satu kali dalam setahun sungguh menyentuh mereka dan membantu mereka untuk saling terhubung dengan orang lain yang suka membaca dan membuat zine. Jangan buat International Zine Month ini sebagai sesuatu yang saya miliki. Saya melihatnya sebagai sesuatu yang bisa membuat kita bisa terus berkontribusi dengan cara yang kita bisa,” pungkasnya pada zinenation.org.

 

WhatsApp-Image-20160703

Zine Padang On Stage volume #3 yang telah terbit di beberapa kota Pulau Sumatera

 

Zine di Mata Alex Wrekk

Ini sebuah kejutan bagi saya sendiri ketika menemukan bahwa pencetus International Zine Month adalah seorang perempuan. Alex Wrekk membuat zine pertamanya di tahun 1995 dengan nama Fun in A Bucket. Ketertarikannya pada zine bermula semasa duduk di bangku SMA, ayah mantan kekasihnya memberikannya berbagai macam zine dan Alex begitu terkesima, sangat berbeda dan menarik. Ia menginginkan lebih.

Ketertarikannya itu tak sekadar membuatnya menjadi sekadar pembaca, namun menggiringnya menjadi serorang zine maker. Bagi seorang Alex Wrekk zine memberikan sarana bagi banyak orang untuk mengisahkan cerita dengan cara mereka sendiri. Tidak ada patokan bagaimana format dan layout, ada banyak kebebasan di dalam sebuah zine.

Dan satu lagi yang menarik dari Alex Wrekk, ia memiliki sebuah band bernama The Copy Scams yang seluruh lagunya bertema zine. Pernah suatu ketika Alex Wrekk diwawancarai oleh beberapa media independen dan ditanya tentang zine apa yang menjadi favoritnya. Jawaban Alex singkat dan begitu melekat di kepala saya hingga menulis tulisan ini.

 

“ Saya sangat benci pertanyaan ini. Jadi saya akan menjawabnya dengan lirik dari The Copy Scams : My favourite zines are by my friends and I’ve got room for more of them.” – Alex Wrekk

 

Selamat merayakan International Zine Month! Support zine lokal!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *