In This Month: September

Terima kasih pada Green Day, bila berbicara tentang bulan September maka idiom “Wake Me Up When September Ends” yang identik dengan kemurungan masih saja sering dilontarkan orang, seakan-akan bulan ini cuma berisikan keprihatinan. Poor you!

Nyatanya, ada banyak keseruan yang terasa sayang jika terlewatkan karena hanya bermuram-muram durja sepanjang bulan ini. Berbagai aktivitas menyenangkan menanti untuk diramaikan, dari awal September hingga penghujungnya nanti.

Poster courtesy by Rock Legacy

Poster courtesy by Rock Legacy

Dimulai pada Rabu (07/09/2016) malam, kamu yang di perantauan ibukota dapat berkunjung ke sebuah gig di bar JK7, Kemang. Band metal bernama Zeal akan ambil bagian dalam gig bertajuk “Rock Legacy”. Zeal belakangan ini memang tergolong gencar bertandang ke beberapa kawasan di Jabodetabek untuk mempromosikan album debut bertajuk “Slave of Our Creation” yang telah dirilis pada pertengahan 2016 ini.

Menilik rundown “Rock Legacy”, band ini akan bermain sekitar pukul 20.50 WIB. Selain Zeal, sepengamatan saya ada band rock n’ roll bernama The Flowers sebagai salah satu lineup-nya. Setelah ber-headbang ria bersama Zeal, tak ada salahnya bernostalgia dengan para rocker gaek nan masih nakal itu.

Poster courtesy by The Death Club

Poster courtesy by The Death Club

Kembali mendarat ke tanah Minang, pada hari Minggu (11/09/2016) ada sebuah gig persembahan dari persekutuan The Death Club yang mengakomodir kedatangan band post-hardcore Jakarta, yakni Close Me Closet. Band ini berkunjung ke skena Padang dalam rangka menunaikan “Labyrinth Tour”, sebuah tur tiga kota di Sumatra. Selain Padang, lima sekawan yang terdiri dari Ocki (vokal), Angga (gitar), Egi (gitar), Arul (bass) dan Aditheo (drum) ini juga menjajal Jambi dan Medan.

Gig ini akan dihelat di venue Hardcore Mayhem, Purus Atas. Enam band dari skena Padang didelegasikan sebagai tuan rumah menyambut kunjungan dari ibukota, yakni Seraphic of Violence, Ocean Trenches, Ghostbuster, Preman, Wasting Away dan Light of Trevas. Kehadiran Seraphic of Violence dalam gig ini juga patut ditunggu karena Vyndo cs tergolong lama tak bergeliat di skena lokal pada tahun ini. Kumpulan track dari album “The Beginning” mereka masih dirindukan.

Dan yang menariknya juga, gig ini bisa menjadi alternatif kencan paket hemat di akhir pekan karena si empunya gig yang baik memberi kebijakan free for ladies. Atau kalau kamu memang tak punya uang sebesar Rp15 ribu untuk membeli tiket, silahkan berdandan semirip mungkin dengan kaum hawa.

Bukan cuma gig yang dapat menjadi alternatif kesenangan dalam bulan ini. Pada pertengahan bulan, tepatnya hari Rabu (14/09/2016), sebuah film dokumenter produksi tahun 2013 dari band Pandai Besi yang berjudul “Siar, Daur Baur” akan ditayangkan dalam sesi #LAYARimbun di Rimbun Coffee Bukittinggi.

“Kadai kopi” itu mulai semester kedua tahun ini membuat kerjasama dengan kelompok Kolektif Film untuk menayangkan film-film pilihan yang tak pernah hadir di layar bioskop Sumatra Barat. Selain “Siar, Daur Baur”, #LAYARimbun juga mengagendakan pemutaran film dokumenter berjudul “White Shoes & The Couples Company di Cikini” pada hari Senin (24/09/2016) di Rimbun Coffee Padang, kawasan Kis Mangunsarkoro. Nonton film sambil ngopi-ngopi cantik tak ada salahnya, kan? (Informasi terbaru, agenda #LAYARimbun ditunda hingga tanggal pasti yang belum ditetapkan, namun akan tetap digelar dalam bulan September ini)

Zine #4 telah terbit! Photo cover oleh Ihsan Maulana yang memotret keseruan tur Stupidity di Padang

Zine #4 telah terbit! Photo cover oleh Ihsan Maulana yang memotret keseruan tur Stupidity di Padang

September ini pun menjadi bulan terbitnya edisi #4 zine dari Padang On Stage. Dalam edisi kali ini, berbagai tulisan berkisah, hasil wawancara dan ulasan mengenai seluk beluk pergerakan do it your self disajikan redaksi. Edisi terbaru ini hanya dicetak 100 kopi dan telah disebar ke Banda Aceh, Medan, Padang, Jambi, Palembang dan Bandung.

2 thoughts on “In This Month: September

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *